Manfaat Luar Biasa Kayang Untuk Kesehatan

Pasti kamu tahu sikap kayang, kan? Dalam yoga disebut Chakrasana atau Wheel Pose. Ada juga yang menyebutnya Urdhva Dhanurasana. Mungkin terdengar sederhana tapi manfaat dari sikap kayang ini lumayan banyak.

Sebelum kami memberitahu apa saja manfaat luar biasa kayang untuk kesehatan, kami ucapkan selamat datang dan terima kasih telas berkunjung ke salah satu situs resmi Alfian Herbal yang mana merupakan agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya.

Manfaat Luar Biasa Kayang Untuk Kesehatan

3b004ec5-f009-4be1-be48-d96d2a3bf965_43Manfaat luar biasa kayang untuk kesehatan – Kayang atau melenting merupakan salah satu olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah atau di tempat manapun karena tidak membutuhkan peralatan atau arena khusus. Paling banter, kayang membutuhkan matras atau alas yang tidak kasar sebagai alas tangan dan kaki untuk menjamin kenyamanan. Meski tampak sederhana, olahraga sederhana ini menawarkan banyak manfaat yang tidak bisa diabaikan begitu saja Beberapa di antara manfaat olahraga yang dilakukan dengan membentuk badan layaknya bujur sangkar dengan kaki dan tangan bertumpu pada bidang datar ini adalah sebagai berikut :

ipbaoysazl

  • Membuat tulang punggung tetap sehat dan energik

Saat usia muda mungkin hal ini sedikit diabaikan, akan tetapi bayangkan saat usia sudah mulai senja dan tulang punggung sudah mulai bermasalah. Tulang punggung merupakan satu dari elemen penting dalam tubuh. Sedikit saja bermasalah maka aktivitas akan terganggu. Tidak dapat berjalan dengan tegap misalnya. Kayang atau Wheel pose membantu tulang punggung untuk kuat dan elasis sehingga tetap sehat dan energik.

  • Membentuk otot tubuh

Kayang juga dapat membantu menguatkan beberapa bagian dalam tubuh lain seperti lengan, pergelangan tangan, perut, kaki, bahu, dan dada. Dengan ini maka mempercepat pembentukkan otot di bagian tersebut jika dilakukan secara rutin.

  • Membantu terapi untuk masalah pernapasan

Saat melakukan posisi ini maka otomatis terjadi pembukaan pada rongga dada sehingga penyaluran oksigen pada paru-paru pun meningkat. Oleh karena itu dapat membantu terapi bagi yang memiliki asthma.

728px-do-a-backbend-step-5-version-3

  • Meningkatkan fleksibilitas pada beberapa organ tubuh

Selain tulang punggung, posisi ini juga membantu fleksibilitas pada bagian pinggul. Selain membantu tubuh menjadi fleksibel juga membantu otot menjadi kencang.

  • Memberi energi yang positif

Biarpun posisi ini seperti biasa saja tetapi ternyata dapat memberi energi baik pada tubuh, baik fisik dan mental. Dipercaya dapat mengurangi stress, kelelahan, dan menenangkan pikiran.

  • Mengobati patah hati

Loh, kok bisa? Saat melakukan kayang tubuh kita terjadi pelengkungan ke belakang yang membuat bagian dada terbuka. Dalam yoga di sinilah kita menyerap elemen-elemen positif ke dalam tubuh baik fisik dan mental. Patah hati memang menyiksa. Dengan pikiran yang tetang maka kita akan mampu memaafkan masa lalu dan membuka untuk harapan ke depan yang lebih baik.

Cara melakukan kayang

1. Dari Posisi Berdiri

kayang

  • Berdiri tegak dengan kedua tangan bertumpu pada pinggul
  • Menekuk kedua kaki kemudian siku dan membusurkan kepala ke arah belakang
  • Memutar kedua tangan ke arah belakang hingga menyentuh bidang datar atau matras.
  • Kembali pada posisi awal berdiri tegak

Melakukan kayang dari posisi awal berdiri ini umumnya dianggap lebih sulit dilakukan, karena itu Anda bisa ‘mengakali’nya dengan beberapa cara. Satu di antranya adalah meminta teman Anda untuk menopang punggung atau bahu Anda. Teman tersebut akan berdiri di samping Anda dan membantu proses pengangkatan, penopangan hingga penurunan badan. Cara yang demikian umumnya dilakukan mereka yang baru mempelajari teknik melakukan kayang atau melakukan percobaan-percobaan pertama. Kehadiran seorang ahli dalam teori maupun praktik kayang akan sangat membantu dalam tahap-tahap ini.

2. Dari Posisi Terlentang

  • Tidur terlentang
  • Menekuk dua lutut
  • Merapatkan tumit pada bagian pantat atau pinggul
  • Menelungkupkan dua tangan di samping kepala dengan jempol di samping telinga
  • Mengangkat badan, dimulai dari pinggul, perlahan dan meluruskan posisi tangan dan kaki yang semakin berdekatan
  • Kembali ke posisi awal tidur terlentang

Selain mengetahui teknik melakukan kayang yang tepat dan benar, satu hal lain yang harus Anda pastikan adalah mengenai beberapa kesalahan umum yang biasa terjadi dalam melakukan olahraga kayang. Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut, Anda bisa menghindarinya dan secara tidak langsung mengetahui bagaimana melakukan kayang yang tepat dan benar. Beberapa di antara kesalahan umum dalam melakukan kayang adalah sebagai berikut;

  1. Jauhnya jarak kaki dan tangan
  2. Tidak lurusnya posisi siku karena karena otot yang kaku
  3. Kurang melenting/membusur ke belakangnya badan karena kurangnya kelenturan tubuh
  4. Kurangnya keseimbangan
  5. Posisi kepala yang terlalu menengadah ke atas

Itulah tadi manfaat luar biasa kayang untuk kesehatan dan beberapa cara melakukan kayang yang tepat dan benar. Sekian dan semoga bermanfaat

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s